Total Tayangan Halaman

Selasa, 08 Oktober 2013

Tugas 3 Softskill


Tugas 3 Softskill
Psikologi Managemen
Nama              : Shiervira Ratuismana
NPM                : 16511745
Kelas               : 3PA06
Judul               : Mengubah Kawasan Padat Menjadi Tata Ruang Yang Fungsional.
Aksi yang dilakukan oleh orang nomer satu di Jakarta, Bapak Joko Widodo dan Bapak Ahok benar-benar membuat semua orang terkaget-kaget dengan aksi mereka dalam membereskan tata ruang kota jakarta yang sudah begitu sangat padat dan sesak. Tak hanya warga masyarakat saja yang kagum dengan kemampuan bekerja, mereka juga menjadi pusat perhatian di dunia karena dapat menyelesaikan permasalahan di Ibukota. Namun dibalik semua usaha yang dilakukan oleh Bapak Jokowi dan Bapak Ahok, tidak selalu berjalan lancar, selalu saja ada kontroversi di kalangan masyarakat.
Sudah genap satu tahun gubernur DKI Jakarta menjabat, Pak Jokowi sudah menunjukan kinerja kerja yang sangat baik. Ia mampu mensosialisasikan kepada masyarakat langkah apa saja yang harus diambil untuk membenahi ibukota jakarta agar dapat membangun citra yang baik di masyarakat. Contohnya saja, langkah pertama yang pak Jokowi lakukan adalah membagikan kartu jaminan kesehatan secara gratis kepada masyarakat menengah ke bawah, yang diharapkan akan membantu meringankan beban masyarakat. Lalu dilanjutkan dengan program wajib belajar 12 tahun dan pemberian beasiswa kepada anak-anak kurang mampu. Itu menjadi fokus Pak Jokowi agar para siswa dapat terus belajar dan prestasi meskipun hidup dalam kekurangan.
Tak hanya sampai disitu, aksi yang dilakukan pak Jokowi yang paling menarik perhatian saat ini adalah penggusuran PKL Pasar Tanah Abang yang menuai kontroversi dikalangan pedagang. Sebenarnya dalam hal ini pak Jokowi hanya ingin mengurangi ke macetan yang terjadi karena para pedagang kaki lima yang berjualan di pinggir jalan. Namun banyak pihak yang memprotes usaha Pak jokowi tersebut.
Pemprov DKI Jakarta melalui Suku Dinas (Sudin) Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) tengah menjalankan proses verifikasi data PKL yang mendaftar untuk mendapatkan los pedagang di Blok G Pasar Tanah Abang. Dalam proses verifikasi ini, terdapat 285 dari 968 PKL terdaftar yang telah terverifikasi. Mereka yang terverifikasi adalah pedagang yang memiliki tanda terima pendaftaran. Jadi yang punya tanda terima ditampung, diverifikasi, kemudian diseleksi. 
Proses verifikasi ini dikeluhkan oleh pedagang yang biasa berjualan di kawasan Pasar Tanah Abang. Ini karena mereka yang telah berjualan lebih dari lima tahun tidak mendapat bagian atas los yang ditawarkan. Salah satu keluhan itu dirasakan oleh John Heriyanto (49). Pria yang telah berdagang pakaian muslim selama lebih dari lima tahun ini tidak mendapat jatah los. (merdeka.com)
Akan tetapi, setelah diadakannya verifikasi serta negoisasi demi pentingan untuk memperoleh kesejahteraan bersama, akhirnya para PKL tersebut mau dipindahkan ketempat yang selayaknya untuk berjualan yaitu di blok G. Meskipun los yang ditawarkan masih dalam tahap pembangunan fasilitas yang memadai, Pak Jokowi akan terus memantau dan menjamin akan ketertiban, keamanan dan kenyamanan para pembeli dan penjual di Pasar Tanah Abang. Sehingga diharapkan masyarakat dapat yang berjualan dan pembeli di Pasar Tanah Abang dapat merasakan fungsi tempat perbelanjaan yang nyaman, jika dibandingkan saat masih berjualan di pinggir jalan dan membuat jalanan menjadi macet.

 
Daftar Pustaka
 
Robbins, Stephen P. Management / Stephen P. Robbins, Mary Coulter. — 11th ed. p. cm.Includes bibliographical references and index.
Wiludjen, Sri SP. 2007. Pengantar Manajemen. Yogyakarta. Graha Ilmu.
Republika.co.id
Merdeka.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar