Total Tayangan Halaman

Sabtu, 17 Maret 2012

Pancasila Part 1

Question
Pandangan lahirnya pancasila diilhami dari gagasan-gagasan besar dunia dan pengalaman bangsa-bangsa lain. Pancasila berakar pada kepribadian bangsa Indonesia sendiri. Apakah pancasila sebagai ideologi gado-gado?
Jelaskan pokok pikiran pandangan anda!

Bangsa Indonesia memiliki visi dan pandangan hidup yang kuat (nasionalisme), berdasarkan sejarah yang sudah banyak tercatat, di Indonesia berkembang nilai-nilai yang terkandung dalam setiap sila Pancasila. Sehingga nilai-nilai pancasila tersebut semakin berkembang seiring dengan berjalannya waktu. Setiap aspek penyelenggaran negara bersumber pada nilai-nilai pancasila termasuk sistem peraturan perundangan-undangan di Indonesia. Oleh karena itu, dalam merealisasikan kenegaraan termasuk ke dalam proses reformasi dewasa ini merupakan suatu keharusan bahwa pancasila merupakan nilai dalam kenegaraan baik dari segi pembangunan nasional, ekonomi, politik, hukum, sosial, budaya maupun pertahanan keamanan.

Pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba menjelaskan pertanyakan yang diberikan mengenai pandangan lahirnya Pancasila itu sendiri? Menurut saya, Pancasila itu adalah dasar negara yang tersusun jelas dan memberi manfaat. Kenapa demikian?

Pancasila merupakan Pandangan hidup masyarakat Indonesia pada umumnya. Seperti kitab suci Al Quran yang digunakan oleh orang-orang yang menganut agama islam, pancasila juga digunakan dan sudah di anggap sebagai alat untuk penujuk arah kemana kita harus melangkah, mencari dan mendapatkan sesuatu yang berguna. Namun Pancasila bukanlah kitab suci Al Quran yang diciptakan sempurna. Pancasila merupakan suatu nilai dari segala penjabaran tentang norma-norma yang mengajarkan dan mengingatkan manusia bahwa setiap kehidupan itu mempunyai aturan-aturan yang harus kita patuhi dan kita laksanakan. selain itu, dalam Pancasila juga terkandung pemikiran-pemikiran kritis, mendasar, rasional, sistematis dan komperehensif yang seharusnya setiap orang memilikinya. Agar dapat menjalani kehidupan ini sesuai dengan aturan-aturan yang sudah ada sebelum kita lahir.

Pancasila pada hakikatnya bukan merupakan suatu pedoman yang langsung bersifat normatif ataupun praksis, melainkan pancasila merupakan suatu sistem nilai-nilai etika yang merupakan sumber norma.

Dalam Pancasila ada 3 aspek penting yang harus di miliki oleh setiap orang.
1. Nilai
Merupakan suatu kegiatan manusia untuk menghubungkan sesuatu dengan banyak hal, hingga selanjutnya diambilah sebuah keputusan. Keputusan adalah suatu nilai yang dapat menyatakan berguna atau tidak berguna, benar atau tidak benar, baik atau tidak baik. Dengan demikian, nilai adalah sesuatu yang berharga, berguna, memperkaya batin dan menyadarkan manusia akan harkat dan martabatnya.
2. Norma
Merupakan suatu perwujudan martabat manusia sebagai mahluk budaya, sosial, moral dan religi. Norma merupakan suatu kesadaran dan sikap luhur yang dikehendaki oleh tata nilai untuk dipatuhi.
3. Moral
Merupakan ajaran tentang hal yang baik dan buruk yang menyangkut tingkah laku dan perbuatan manusia. Moral dalam perwujudannya dapat berupa aturan-aturan atau prisip yang benar, baik terpuji dan mulia.

Keterkaitan nilai, norma, dan moral merupakan suatu kenyataan yang seharusnya terpelihara di kehidupan manusia. Keterkaitan itu mutlak digarisbawahi bila individu, masyarakat, bangsa dan negara ingin membangun sebuah struktur yang kuat tumbuh. Mendidik masyarakat merupakan gerakan bersama, bukan sekadar mengajarkan wawasan dan keterampilan, tetapi juga memberikan kepercayaan kepada masyarakat untuk membangun pilar-pilar pembelajaran dalam diri manusia pada masyarakat. Dan hal itu menjadi bukti bahwa masyarakat mempunyai potensi yang besar dalam membangun dan memperbaiki kehidupannya dengan cara-cara yang dimilikinya.

kepribadian tidak pernah berdiri sebagai suatu hal yang terpisah, dan yang terisolasikan. Meskipun penelitian di bidang ”kepribadian” ini masih seluas hutan belukar yang baru mengalami sedikit pembabatan, tapi agaknya satu kesepakatan telah dicapai untuk mengatakan bahwa kepribadian itu erat sekali berhubungan dengan kultur. Pandangan hidup bangsa Indonesia yang dapat mempersatukan kita serta memberi petunjuk dalam masyarakat kita yang beraneka ragam sifatnya. Pancasila memberikan gambaran tentang jiwa dan kepribadian bangsa Indonesia, selain itu Pancasila juga memberikan corak yang khas kepada bangsa Indonesia dan tak dapat dipisahkan dari bangsa Indonesia, serta merupakan ciri khas yang dapat membedakan bangsa Indonesia dari bangsa yang lain. Seperti yang di katakan oleh Ir. Soekarno dalam tulisannya, “Pancasila adalah lima mutiara galian dari ribuan tahun sap-sapnya sejarah bangsa sendiri”.

Terdapat di setiap sila, bahwa tiap-tiap sila tak terlepas dari sifat universal yang juga dimiliki oleh bangsa-bangsa lain di dunia ini, akan tetapi kelima sila yang merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan itulah yang menjadi ciri khas bangsa Indonesia berkembang. Jadi dapat disimpulkan, bahwa Pancasila ada sumber dari kepribadian bangsa yang tidak bisa dicampur adukan dengan kepribadian bangsa lain. Karena pancasila merupakan cermin pandangan hidup masyarakat Indonesia untuk mewujudkan pandangan hidup bangsa dan pandangan hidup Negara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar