Total Tayangan Halaman

Senin, 03 November 2014

TUGAS KE- 3 SOFTSKILL




Sistem Informasi Psikologi
Computer Based Information System (CBIS)

1.      Pengertian CBIS
Sistem Informasi Berbasis Komputer atau Computer Based Information System (CBIS) merupakan sistem pengolahan suatu data menjadi sebuah informasi yang berkualitas dan dapat dipergunakan sebagai alat bantu yang mendukung pengambilan keputusan, koordinasi dan kendali serta visualisasi dan analisis. Beberapa istilah yang terkait dengan CBIS antara lain adalah data, informasi, sistem, sistem informasi dan basis komputer. Berikut penjelasan masing-masing istilah tersebut.
a.       Data
Menurut berbagai kamus bahasa inggris-indonesia, data diterjemahkan sebagai istilah yang berasala dari kata “datum” yang berarti fakta atau bahan-bahan keterangan. Dari sudut pandang bisnis sebagai berikut: “business data is an organization’s desciption of things (resources) and events (transactions) that it faces”. Pengertian yang lainnya mengatakan bahwa “data is the desciption of things and events that we face”. Data merupakan deskripsi dari sesuatu dan kejadian yan kita hadapi.
Data merupakan deskripsi dari sesuatu dan kejadian yang kita hadapi. Jadi pada intinya, data merupakan kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian dan merupakan kesatuan nyata yang nantinya akan digunakan sebagai bahan dasar suatu informasi.

b.      Informasi
Menurut Gordon B. Davis dalam bukunya Management Informations System: Conceptual Foundation, Stuctures, and Development. Menyebut informasi sebagai data yang telah diolah menjadi bentuk yang berguna bagi penerimanya dan nyata, berupa nilai yang dapat  dipahami di dalam keputusan sekarang maupun di masa depan. Menurut Robert N, Anthony dan John Dearden dalam buku Management Control System, menyebutkan informasi sebagai suatu kenyataan, data, item, yang menambah pengetahuan bagi penggunanya.
Informasi merupakan hasil dari pengolahan data menjadi bentuk yang lebih berguna bagi yang menerimanya yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian nyata dan dapat digunakan sebagai alat bantu untuk pengambilan suatu keputusan. Berikut juga akan disampaikan pengertian informasi dari berbagai sumber:
c.       Sistem
Sistem merupakan entitas, baik abstrak maupun nyata, dimana terdiri dari beberapa komponen yang saling terkait satu sama lain. Objek yang tidak memiliki kaitan dengan unsur-unsur dari sebuah sistem bukanlah komponen dari sistem tersebut.

d.      Sistem Informasi
Sistem Informasi merupakan sistem pembangkit informasi. Dengan integrasi yang dimiliki antar subsistemnya,sistem informasi akan mampu menyediakan informasi yang berkualitas, tepat, cepat dan akurat sesuai dengan manajemen yang membutuhkannya.
e.       Berbasis Komputer
Sistem Informasi “berbasis komputer” mengandung arti bahwa komputer memainkan peranan penting dalam sebuah sistem informasi. Secara teori, penerapan sebuah Sistem Informasi memang tidak harus menggunakan komputer dalam kegiatannya. Tetapi pada prakteknya tidak mungkin sistem informasi yang sangat kompleks itu dapat berjalan dengan baik jika tanpa adanya komputer. Sistem Informasi yang akurat dan efektif, dalam kenyataannya selalu berhubungan dengan istilah “computer-based” atau pengolahan informasi yang berbasis pada komputer.
Sub Sistem dari Sistem Informasi Berbasis Komputer adalah :
1.      Sistem Informasi Akuntansi
2.      Sistem Informasi Manajemen
3.      Sistem Pendukung Keputusan
4.      Automasi Kantor (Virtual Office)
5.      Sistem Pakar

2.      Evolusi Sistem Informasi Berbasis Komputer
Evolusi Sistem Informasi Berbasis Komputer melalui beberapa tahapan sebagai berikut:
a.       Fokus Awal pada Data
-          Terbatas untuk aplikasi akuntansi.
-          Nama yang diberikan untuk aplikasi akuntansi berbasis komputer awal ini adalah pengolahan data elektronik (electronic data processing - EDP). Istilah EDP tidak lagi populer dan disingkat menjadi data processing (DP). Kemudian digunakan  istilah SIA (Sistem Informasi Akuntansi) untuk menggambarkan sistem yang memproses aplikasi pengolahan data perusahaan.
b.      Fokus Baru pada Informasi
-          Konsep SIM dimulai.
-          Konsep SIM ini menyatakan bahwa aplikasi komputer harus diterapkan untuk tujuan utama menghasilkan informasi manajemen.
c.       Fokus Revisi pada Pendukung Keputusan
-          Muncul konsep sistem pendukung keputusan (decision support sistem – DSS)
-          DSS merupakan sistem penghasil informasi yang ditujukan pada suatu masalah tertentu yang harus dipecahkan oleh manajer dan keputusan yang harus dibuat manajer.
d.      Fokus Sekarang pada Komunikasi
-          Fokus pada aplikasi perkantoran yang disebut otomatisasi kantor (office automation–OA). OA memudahkan komunikasi dan meningkatkan produktivitas diantara para manajer dan pekerja kantor melalui penggunaan alat-alat elektronik.
-          Otomatisasi kantor berkembang meliputi beragam aplikasi seperti konferensi jarak jauh (teleconferencing), voice mail, electronic mail, facsimile transmission dan dekstop publishing. Digunakan istilah kantor maya (virtual office) untuk menggambarkan semua aplikasi otomatisasi kantor.
e.       Fokus Potensial pada Konsultasi
-          Kemunculan konsep Kecerdasan Buatan (artificial intelligence - AI). Bagian dari AI yakni sistem pakar (expert system) menjadi perhatian yang utama
-          Sistem pakar adalah suatu sistem yang berfungsi sebagai seorang spesialis dalam suatu area. Misal, sistem pakar dapat menyediakan bagi seorang manajer sebagian bantuan yang sama seperti yang diberikan oleh seorang konsultan manajemen.
-          Salah satu keterbatasan sistem pakar adalah kecerdasannya tidak berkembang seiring waktu. Satu cara untuk mengatasi keterbatasan tersebut adalah menggunakan jaringan syaraf (neural networks) yang merupakan analog matematik dan elektronik dari otak manusia.
-          Istilah sistem berbasis pengetahuan (knowledge-based systems) digunakan untuk menggambarkan segala macam sistem yang menerapkan kecerdasan buatan untuk pemecahan masalah.

3.      Upaya Pencapaian Dari Evolusi Sistem Informasi Berbasis Komputer.
Upaya Pencapaian dari sistem informasi berbasis komputer menggunakan End User Computing, yaitu pengembangan sistem berbasis komputer yang dilakukan oleh pemakai. Setiap subsistem CBIS melalui proses evolusi yang disebut siklus hidup sistem. Tahap-tahap dari siklus hidup sistem itu adalah:
-          Perencanaan
-          Analisis
-          Rancangan
-          Penerapan
-          Penggunaan.






DAFTAR PUSTAKA

Agustina, M. Dkk. 2013. Sistem Informasi 1. Palembang: Universitas Bina Darma.

Wahyono, T. 2003. Computer Based Information System (CBIS). Kuliah berseri:
Ilmukomputer.com
v318. 2014. CBIS (computer based information system). http://wartawarga.gunadarma.ac.id/
2009/12/pengertian-cbis/ diakses pada hari senin, 3 november 2014 pukul 20.22 wib

Tidak ada komentar:

Posting Komentar